Minggu, 22 Mei 2016

OBJEK WISATA 7 GOA CAGAR ALAM PANGANDARAN

OBJEK WISATA 7 GOA CAGAR ALAM PANGANDARAN


Wisata Pangandaran Jawa Barat | Kalau merencanakan berlibur di akhir pekan serta kebetulan sedang menuju Pantai Pangandaran, tak ada salahnya menyempatkan diri buat mengunjungi Objek Wisata 7 Goa Cagar Alam Pangandaran untuk menikmati keindahan setalaktiknya yang eksotik dan etalagmit goa-goa yg terbentuk dengan cara alami. Lokasi Cagar Alam Pangandaran bisa dilihat pada peta dibawah ini :


Dalam sejarah peradaban manusia gua pun tidak jarang dianggap mempunyai nilai mistis atau sejarah tertentu, maka keberadaanya tidak jarang dikeramatkan, sehingga biasanya sebagi tambahan para pemandu goa menciptakan guyonan terkait elemen unik yg berada di dalam goa, jadi visitor tak lagi merasa takut untuk menyaksikan langsung goa-goa yanga ada di Taman Wisata. 

Berikut ini adalah goa-goa alam yg fantastis di Objek Wisata 7 Goa Cagar Alam Pangandaran yang tidak jarang dikunjungi oleh wisatawan : 

1. Goa Miring (Goa Cemped) 

Goa Miring (Goa Cemped)
Goa Miring (Goa Cemped)

Goa miring yaitu goa tembusan, tidak jarang dinamakan miring sebab buat menembus goa ini penugunjung mesti memiringkan tubuh, keunikan di dalam goa ini terdapat ialah satu buah batu yg menyerupai seperti pocong, kuntilanak, batu angel atau batu bidari pun batu tulang tengkorak. 

2. Goa Sumur Mudal 

Goa Sumur Mudal
Goa Sumur Mudal 

Goa sumur mudal yakni satu buah goa yang berada diobyek wisata cagar alam pangandaran, didalam goa tersebut ada sekian banyak keunikan yang bisa kita tonton seperti setalaktit dan stalagmit degan beragam wujud, diantaranya ada yg berbentuk seperti tenggorokan manusia, & dinding goa tersebut dihiasi dengan relief alam yg indah seperti dinding candi. 

Kenapa goa tersebut disebut goa sumur mudal sebab didalamnya terdapat suatu cekungan yg serupa seperti sumur yg dahulu ada satu buah mata air yg ke luar amat sangat deras maka hingga mudal (meluap), sebab saking derasnya air tersebut mengalir lewat parit goa. dan pada periode kerajaan air tersebut dipakai buat memenuhi keperluan air minum serta memasak.

3. Goa Parat (goa Keramat) 

Goa Parat (goa Keramat)
Goa Parat (goa Keramat) 

Goa ini lumayan panjang kurang lebih 200 meter dan tembus kepantai, dikatakan goa parat dikarenakan dalam bahasa sunda parat itu artinya tembus, konon ceritanya goa ini adalah patilasan penyebar agama Islam di periode kerajaan pananjung ( Galuh pangauban ) yg bernama Syeh Ahmad ( Pangeran kasepuhan ) & Syeh Muhamad ( Pangeran Kanoman ) 
Keunikan keunikannya adalah : 
Batu Stalagtit yg serupa seperti kelamin laki - laki & wanita, Batu Stalagtit yg serupa seperti paha ayam, Batu Stalagmit yg serupa seperti hewan unta, Batu cikaracak, hewan landak & kelalawar.

4. Goa Panggung 

Goa Panggung 

Goa ini dinamakan goa panggung karna keadaannya menyerupai seperti panggung, didalam goa ini terdapat simbol makam Mbah jaga lautan ( Kyai pancing benar ) keponakan dari Ibu Ratu pantai selatan ( Dewi nyi loro kidul ). 

5. Goa Lanang 



Goa ini adalah patilasan kerajaan Pananjung ( Galuh Pangauban ) yang dulu dimanfaatkan juga sebagai keraton sementara kaerajaan, dikatakan goa lanang sebab di dalam goa ini terdapat batu yg mencetak satu orang anak laki - laki yg habis di sunat, keunikan lainya di diding goa terdapat batu gamelan yang jikalau ditabuh memanfaatkan tangan mampu mengeluarkan suara. 

6. Goa Cirengganis 

Goa Cirengganis
Goa Cirengganis 

Yaitu goa yang mengeluarkan sumber mata air yang konon tak sempat kering meskipun di periode kemarau panjang,mitos yang lain ialah bahwa sumber mata air cirengganis bakal menciptakan awet bujang. 

7. Goa Karang Bolong 

Goa Karang Bolong

Goa karang (Batu Bolong) di mana pada batu karang yang megah berdiri kokoh ditengah laut itu terdapat batu (karang) yg bolong, bahkan seandainya Kamu sedang beruntung atau air laut dalam kondisi surut Kamu dapat melaluinya bersama perahu yg Kamu tumpangi maka menambah kenikmatan dalam berwisata air khususnya di pantai Pangandaran. 

Silahkan baca juga tentang WISATA CUKANG TANEUH ( GREEN CANYON) PANGANDARAN

Terimakasih atas kunjungan sobat semua, semoga artikelnya bermanfaat. Selamat bersantai & berwisata !!!

Tidak ada komentar: